Olga260991's Blog

Just another WordPress.com weblog

PANCAGATRA Mei 4, 2011

Filed under: Uncategorized — olga260991 @ 9:34 am

a). Ketahanan di bidang Ideologi
Suatu bangsa memerlukan landasan falsafah bagi kelangsungan hidupnya yang sekaligus berfungsi sebagai dasar dan cita-cita atau tujuan nasional yang hendak dicapai. Falsafah tersebut dapat diberikan istilah lain misalnya ideologi, falsafah Negara, pandangan hidup dan pandangan dunia, rukun Negara, landasan ideal dan sebagainya.
b). Ketahanan di bidang Politik
Diartikan sebagai kondisi dinamik suatu bangsa, berisikankeuletan dan ketangguan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional, di dalam menghadapi dam mengatasi segala tantangan, ancaman, hambatan serta gangguan baik dari dalam maupundari luar yang langsung maupun yang tidak langsung menbahayakan kelangsungan kehidupan politik bangsa dan Negara.
c). Ketahanan di bidang Ekonomi
• Ekonomi adalah segala kegiatan pemerintah dan masyarakat di dalam pengolahan factor produksi yaitu bumi, sumber daya alam, tenaga kerja, modal, teknologi dan manajemen di dalam produksi serta distribusi barang dan jasa demi kesejahteraan rakyat baik fisik materiil maupun mental spiritual.
• Ketahanan dibidang Ekonomi diartikan sebagai kondisi dinamik suatu bangsa yang berisikan keuletan dan ketangguan yang mengandung kemempuan mengembangkan kekuatan nasional di dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan, ancaman, hambatan serta gangguan baik dari dalam maupundari luar yang langsung maupun yang tidak langsung menbahayakan kelangsungan kehidupan Ekonomi bangsa dan Negara.
d). Ketahanan di bidang Sosial-Budaya
• istilah social-budaya di dalam ilmu pengetahuan menunjuk kepada dua segi utama dari kehidupan bersama manusia yaitu segi kemasyarakatan dan segi kebudayaan.
• Ketahanan dibidang social-budaya diartikan sebagai kondisi dinamik suatu bangsa yang berisikan keuletan dan ketangguan yang mengandung kemempuan mengembangkan kekuatan nasional di dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan, ancaman, hambatan serta gangguan baik dari dalam maupundari luar yang langsung maupun yang tidak langsung menbahayakan kelangsungan kehidupan social-budaya bangsa dan Negara.
e). Ketahanan di bidang Pertahanan Keamanan
• Pertahanan Keamanan adalah daya upaya rakyat semesta dengan Angkatan bersenjata sebagai inti dan merupakan salah satu fungsi utama pemerintah Negara di dalam rangka menegakkan Ketahanan Nasional dengan tujuan mencapai keamanan bangsa dan Negara serta keamanan perjuangan. Dilaksanakan dengan menyusun, mengarahkan dan menggerakan seluruh potensi dan kekuatan masyarakat di seluruh bidang kehidupan nasional secara terintegrasikan dan terkoordinasikan.

REFERENSI :
http://www.google.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s