Olga260991's Blog

Just another WordPress.com weblog

EKONOMI KOPERASI September 26, 2010

Filed under: EKONOMI KOPERASI — olga260991 @ 8:11 am

Jika saya menjadi presiden apa yang akan saya lakukan terhadap koperasi?
Jawab :
Jika saya terpilih menjadi presiden nanti yang akan saya lakukan terhadap koperasi pertama-tama adalah saya akan berkerjasama dengan para menteri saya untuk memperbaharui sistem yaitu dengan cara menghilangkan sumber dana yang selama ini diterapkan oleh koperasi tiga iuran yaitu
1.Iuran wajib
2.Iuran pokok
3.Iuran sukarela
menjadi satu iuran saja, tetapi dalam satu iuran tersebut setiap anggota ditetapkan memberikan iuran yang harus diberikan kepada koperasi.contohnya jika dahulu anggota memberikan iuran ke koperasi sebesar Rp 50.000,-/iuran maka anggota tersebut harus membayar iuran sebesar Rp150.000,-. Namun,jika ketiga iuran tersebut dijadikan satu maka setiap anggota diwajibkan membayar iuran sebesar Rp 100.000,- maka sistem tersebut akan menghemat pengeluaran setiap anggota yang tergabung dalam koperasi.
Kedua adalah memperkenalkan kembali semua tentang koperasi dengan cara mensosialisasikan ke berbagai daerah jika perlu sampai tingkat RT diseluruh Indonesia.Karena masih banyak yang belum mengenal tentang koperasi itu sendiri.contohnya apakah masyarakat suku dayak,asmat,betawi,baduy sudah mengerti dan memahami tentang koperasi yang telah berlangsung lama?jangankan mereka,coba kita tanya orang-orang sekeliling kita apakah sudah pernah menjadi anggota atau mengerti tentang koperasi itu sendiri,hanya beberapa saja yang pernah menjadi anggota koperasi dan mengerti tentang koperasi itu sendiri atau bahkan belum pernah menjadi anggota koperasi dan mengerti tentang koperasi. Maka dari itu mensosialisasikan kembali adalah hal yang paling wajar dan tepat memang butuh waktu yang relatif lama agar semua warga negara Indonesia tau tentang seluk beluk koperasi dan akan timbul keinginan untuk menjadi anggota koperasi.
Ketiga adalah campur tangan pihak pemerintah, adanya peran yang sangat kuat dari pemerintah untuk koperasi mengenai sumber dana akan menunjang perkembangan koperasi. Jika,pemerintah tidak campur tangan maka perkembangan koperasi lambat laun hilang atau jarang digunakan dari zaman yang sudah serba canggih ini. Padahal disini kita tau bahwa koperasi merupakan salah satu tonggak di perekonomian negara ini tetapi kenapa di usaha seperti ini justru pemerintah memperluas disektor swasta. Dari situ lah saya akan menunjang perkembangan koperasi, mungkin sangat sulit untuk memberikan dana sebab perlunya pertimbangan-pertimbangan yang cukup matang untuk bisa memberikan dana kepada koperasi bahkan ketika saya mengusulkan 10% dari APBN untuk membantu menunjang perkembangan koperasi ada sebagian akan menerima usulan saya tersebut mungkin pula ada yang tidak setuju mengenai usulan saya tersebut.
Keempat adalah mewajibkan bagi seluruh rakyat Indonesia untuk mengikuti atau menjadi anggota koperasi.Disini kita bisa membandingkan dengan negara Jepang,negara tersebut mewajibkan bagi warga negaranya untuk mengikuti latihan wajib militer kenapa tidak kita terapkan di Indonesia untuk setiap warganya diwajibkan menjadi anggota koperasi.Memang setiap peraturan yang ada di Indonesia kurang berjalan dengan baik tetapi jika sistem ini tidak dijalankan maka saya akan memberikan sanksi tegas kepada aparatur pemerintah yang bekerja tidak professional. Namun,apabila ada seseorang atau kelompok atau organisasi tidak melaksanakan peraturan yang dibuat oleh saya maka akan saya denda baik itu kurungan penjara ataupun uang.
Kesimpulan yang bisa diambil dari tulisan ini adalah terus memperjuangkan koperasi dengan segala upaya kita harus mempertahankan koperasi sama seperti kita memperjuangkan dan mempertahankan negara kita ini yaitu Indonesia.Walau banyak halangan dan ritangan yang akan dihadapi maka perekonomian kita akan semakin membaik.Demikianlah tulisan yang saya buat ini,apabila ada kekurangan atau kesalahan pada tulisan ini saya minta maaf.

 

Tinggalkan Balasan

