Olga260991's Blog

Just another WordPress.com weblog

Kanker Serviks(kanker leher rahim) April 7, 2010

Filed under: seminar — olga260991 @ 2:13 am

Kanker leher rahim adalah tumor ganas yang tumbuh di daerah leher rahim (serviks), yaitu suatu daerah pada organ reproduksi wanita yang merupakan pintu masuk ke arah rahim yang terletak antara rahim (uterus) dan liang senggama (vagina). Dan ini sangat berbahaya dan bisa membuat dokter mengambil langkah, mengangkat rahim kita/ bisa menyebabkan kematian.Apakah gejala kanker leher rahim :
1.Keputihan
2.Perdarahan pada saat hubungan seksual
3.Ulkus pada porsio
Pada stadium lanjut terjadi fistel (hubungan) antara rektum dan vagina, terjadi perpindahan jauh. Berkurangnya nafsu makan, penurunan berat badan, kelelahan,, nyeri pinggul ,punggung dan tungkai yg berlebihan , keluarnya air kemih dan tinja dari vagina, Patah tulang, sbd bahkan keputihan yg berlebihan atau sakit perut yg biasa terjadi pun bisa menjadi gejala, karena itu artinya ada yg salah di dalah rahim anda, karena menurut survey itu adalah suatu kondisi yg tidak boleh terjadi, meskipun banyak wanita yg mengatakan itu adalah hal biasa, namun sekali lagi kami tekankan, yg menjadikan penyakit itu biasa diantara wanita2 indonesia adalah penggunaan produk lokal yg tidak berkualitas bahkan cenderung merusak organ penting, makanya disini sangat disarankan berikan yg terbaik untuk vagina anda, karena itu lebih penting dari segalanya.
Kanker mulut rahim, menurut catatan kompas, menempati peringkat pertama kanker pada perempuan di Indonesia. Ada 15.000 kasus baru pertahun dengan kematian 8000 orang pertahun. Angka harapan hidup lima tahun jika kanker ini diketahui dan diobati pada stadium I adalah 70 – 75%, pada stadium 2 adalah 60%, pada stadium 3 tinggal 25%, dan pada stadium 4 penderita sulit diharapkan bertahan. (kompas, 13/5/2007, rubrik keluarga).penyebab kanker leher rahim :
1.HPV (Human Papilloma Virus)
HPV adalah suatu virus yang dapat menyebabkan terjadinya kutil pada daerah genital (kondiloma akuminata), yang ditularkan melalui hubungan seksual. HPV sering diduga sebagai penyebab terjadinya perubahan yang abnormal dari sel-sel leher rahim.
2. Merokok
3. Hubungan seksual pertama dilakukan pada usia dini
4. Berganti-ganti pasangan seksual
5. Gangguan sistem kekebalan tubuh
6. Pemakaian pil KB
7. Infeksi /pemakaian bahan kimia secara menahun
8. Penggunaan pembalut yg kualitasnya rendah
9. penggunaan bahan kimia yg terlalu berlebihan untuk rahim/vagina
10. pembiaran/cuek terhadap masalah2 miss v yg sudah berlebihan contohnya keputihan yg berlebihan


Stadium kanker serviks
Stadium 1 : sel tumor masih terbatas di daerah serviks
Stadium 2 : sel tumor telah keluar dari serviks dan mencapai daerah 2/3 bagian atas vagina namun belum mencapai dinding panggul
Stadium 3 : sel tumor telah mencapai 1/3 bagian bawah vagina dan telah mencapai dinding panggul
Stadium 4 : sel tumor telah mencapai kandung kencing atau mukosa rektum atau sel tumor telah berpindah jauh atau sel tumor telah keluar dari panggul kecil


bagaimana cara pencegahan kanker leher rahim
percaya ga percaya sebaiknya ganti pembalut anda yg tidak berkualitas, jaga kebersihan vagina, gunakan pantyliner untuk menghentikan gejala2 yg mungkin terjadi , peduli terhadap masalah miss v yg datang setiap bulannya dan juga dapat dilakukan dengan program skrinning dan pemberian vaksinasi. Di negara maju, kasus kanker jenis ini sudah mulai menurun berkat adanya program deteksi dini melalui pap smear.Vaksin HPV akan diberikan pada perempuan usia 10 hingga 55 tahun melalui suntikan sebanyak tiga kali, yaitu pada bulan ke nol, satu, dan enam. Dari penelitian yang dilakukan, terbukti bahwa respon imun bekerja dua kali lebih tinggi pada remaja putri berusia 10 hingga 14 tahun dibanding yang berusia 15 hingga 25 tahun,,


PENCEGAHAN KANKER SERVIK
Pencegahan dan deteksi dini sangatlah penting sebab jika kanker di temukan pada saat stadium dini maka harapan hidup lebih lama dibandingkan dengan kanker yang memasuki stadium lanjut. Adapun pengobatan KMR adalah dengan kemoterapi, radioterapi hingga pembedahan.sebaiknya pada saat ini anda periksakan dan konsultasi kan ke dokter spesialis kandungan jadi anda tidak membuang waktu untuk menunggu kanker itu datang.

masalah apa saja yg terjadi saat haid terjadi
Banyak sekali gejala bulanan yg disepelekan oleh para wanita yg dapat menyebabkan kanker servik semakin menguat dan ini semua terjadi karena banyak factor pikiran,keturunan,ketakutan, dan menyepelekan masalah kecil.sebenarnya mengapa gejala itu sama, itu dikarenakan yg kita gunakan selalu sama yaitu pembalut yg sama, dan obat2an vagina yg sama..dengan wanita kebanyakan setiap bulannya.
so, jangan disepelekan JADILAH BERBEDA !!!!contoh beberapa masalah vagina yg disepelekan :
1. keputihan
2.sakit perut saat haid
3. bau tidak sedap
4. gatal
5. haid tidak teratur bisa sebulan 2xhaid ataupun 3 bulan 1x haid
6. kesuburan anda untuk hamil
setiap wanita yg mengalami gejala diatas belum tentu terjangkit kanker servik, tapi klo memang anda percaya, saran kami ikuti anjuran yg kami sarankan agara semua bisa sembuh dan kita akan melestarikan kesehatan terhadap wanita Indonesia yang lebih memikirkan segala sesuatu yang terlihat seperti ke salon atau apapun padahal yang jauh lebih penting adalah vagina itu sendiri.

pembicara :
-dr.valeria SPOG
-Anneke Putri

sumber tambahan :
-Google
-Wikipedia

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s