Olga260991's Blog

Just another WordPress.com weblog

Tanggungjawab Sosial suatu Bisnis (social responsibility) Desember 29, 2009

Filed under: Uncategorized — olga260991 @ 3:00 pm

Suatu etika yang mempengaruhi perilaku pribadi dilingkungan kerja atau suatu usaha bisnis untuk menyeimbangi komitmenya terhadap kelompok dan individu dalam suatu lingkungan.Misalnya seperti tanggungjawab terhadap investor,karyawan,konsumen,untuk memaximalkan profit,serta bisnis lain.
Disini bisa kita ambil contoh seperti kasus Prita Mulyasari dengan rumah sakit Omni Internasional berawal dari rasa kecewa yang ditumpahkan (curhat) Prita Mulyasari melalui email dan disebarkan melalui mailing list. Akhirnya, berita kecewa itu menyebar dari satu email ke email lainnya, dari milis A ke milis B, dan seterusnya hingga akhirnya terbaca oleh pihak RS. Omni. Penyelesaian yang ditempuh dari pihak RS. Omni adalah dengan memperkarakan Prita dan berujung pada penjara dengan delik aduan pencemaran nama baik.Prita sendiri didakwa dengan Pasal 27 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (Undang-Undang ITE) tentang pencemaran nama baik lewat dunia maya.
Produsen itu mempunyai tanggungjawab social terhadap pelayanan kepada konsumen.Jika pelayanan tersebut kurang memuaskan bagi konsumen maka konsumen berhak berkeluh kesah atau berpendapat terhadap pelayanan yang diberikan produsen tetapi dalam suatu pendapat itu ada aturannya,seperti suatu pendapat tidak merugikan individu atau perkelompok.Bahkan lebih baik jika pendapat tersebut langsung diketahui oleh produsen.Jika produsen telah mengetahui keluh kesah konsumen seharusnya produsen langsung meminta maaf kepada konsumen yang telah kecewa terhadap pelayanan produsen itu sendiri serta merubah system kinerja produsen supaya setiap konsumen puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh produsen dan tidak kecewa terhadap pelayanan dari produsen itu sendiri.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s